Tuesday, March 29, 2016

Sepuluh Fakta Unik Terkait Superman

Sepuluhdaftarsaya.blogspot.co.id - Saya ingin melanjutkan serial artikel yang saling bekerjasama dengan film fenomenal di tahun 2016 ini yaitu Batman V Superman : Dawn of Justice. Kali ini kita akan mencoba mengulas apa saja keunikan dari tokoh abjad Superman - sang insan super. :)



Sumber : DC Comics

Sejarah Superman


Siapa sih yang gak kenal dengan insan super yang satu ini? Saya yakin sangat jarang orang yang tidak kenal tokoh superhero yang besar lengan berkuasa tapi juga ganteng ini. Namun mana tahu ada yang gak kenal (emang kemane aje lo... ^_^), aku mau sedikit dongeng ihwal siapa sih Superman ini.

Sumber : Pencipta Tokoh Superman - Jerry Siegel & Jos Shuster

4. Para pencipta tokoh ini - Jerry Siegel dan Joe Shuster - menjual hak patennya ke DC Comics (Detective Comics) pada Maret 1938 sebesar USD 130. Paling tidak di masa itu, angka tersebut sudah tidak mengecewakan besar. Menurut artikel Superman di wikipedia, sama dengan nilai sebesar USD 2.200 di masa sekarang.

Superman dengan rantai Kryptonite

5. Kelemahan Superman ialah kepingan Planet Krypton berjulukan Kryptonite. Tapi sesungguhnya kelemahan ini gres diciptakan sekitaran tahun 1943. Saat itu pengisi bunyi tokoh Superman di drama radio - Bud Collyer - merasa lelah dan ingin beristirahat dan merasa perlu diciptakan plot yang menjelaskan ketidak hadirannya. Karenanya diciptakanlah kejadian jatuhnya meteor dari Krypton yang melemahkan Clark Kent, dan Bud memperoleh waktu liburnya.


Clark Kent - Penyamaran Superman

6. Bagaimana caranya Clark Kent bisa tidak dikenali sebagai orang yang sama dengan Superman. Kok bisa? Di komik dijelaskan jikalau Clark Kent memberi warna pada beling matanya, sehingga matanya mempunyai warna yang berbeda, menggunakan baju yang cukup longgar serta bisa mengatur suaranya sehingga berbeda dengan Superman.

Lompatan Superman

7. Pada awal cerita, Superman tidak mempunyai kemampuan terbang, melainkan mempunyai lompatan yang cukup tinggi. Namun hal ini diprotes oleh para animator di Max Fleischer Studios di ketika proses pembuatan animasi tokoh ini, alasannya ialah terlalu sulit dan memakan banyak biaya membuat animasi menyerupai ini. Mereka meminta Superman semoga mempunyai kemampuan terbang, alasannya ialah ini lebih gampang dan murah.

Jenis-jenis watu Kryptonite

8. Batu Krypton alias Kryptonite punya 5 warna. Kryptonite berwarna hijau membuat Superman lemah, tapi anehnya jikalau si Man of Steel ini terkena paparan radiasi Kryptonite berwarna pink, maka dia akan menjadi gay. Hahahaha... gawats man. ^_^

Inisial LL di Kehidupan Superman - Superman #157

9. Sang pencipta tokoh superhero ini sangat suka sekali dengan inisial LL. Lihat saja misalnya Lois Lane, Lana Lang, Lex Luthor, Linda Lee, Lori Lemaris, Lyla Lerrol, dan masih banyak lagi. Ada rumor jikalau inisial LL ini berasal dari nama pacar pertama Joe Shuster. Tapi rumor ini tidak pernah bisa dikonfirmasi ke beliau.

Cuplikan foto dongeng pendek The Reign of Superman

Sepuluh. Jauh sebelum diterbitkan di DC Comics, Jerry Siegel dan Joe Shuster membuat tokoh Superman dalam dongeng pendek - The Reign of Superman (1933). Menceritakan Bill Dunn, seorang tunawisma yang menjadi kelinci percobaan seorang ilmuwan gila yang merubahnya menjadi orang jahat yang mempunyai kekuatan telepati. Bill kemudian membunuh ilmuwan tersebut dan mencari uang melalui cara yang illegal, berjudi di pacuan kuda atau bermain saham.

Semoga artikel seri ke-2 untuk menyambut film Batman vs Superman : Dawn of Justice ini cukup menghibur dan membawa manfaat pengetahuan. ;)

Tunggu artikel kami masih dalam seri yang sama selanjutnya - Sepuluh Fakta Unik Film Batman v Superman.

No comments:

Post a Comment