Monday, July 18, 2011

Sepuluh Penyakit Mematikan Dan Fatal

Kalau artikel terdahulu saya membahas mengenai Sepuluh Penyakit Menular Paling Berbahaya dan Mematikan, kali ini saya tertarik untuk membahas kembali mengenai persoalan kesehatan yang sedikit agak mirip, tepatnya mengenai Sepuluh penyakit yang Fatal akhirnya bagi manusia. Artikel ini dimaksud sebagai gosip dan bukan menakut-nakuti ya. Sumber dari Daftar Serba Top Sepuluh kali ini yaitu WHO.


Sepuluh. Malaria

Malaria ditularkan melalui nyamuk yang membawa benalu Plasmodium sp (saat ini dikenal ada 5 jenis parasit, tetapi yang diketahui paling berbahaya yaitu Plasmodium falciparum). Di tubuh manusia, benalu memperbanyak diri di hati (liver) dan kemudian menginfeksi sel darah merah.

Gejala penyakit ini muncul sehabis Sepuluh hingga 15 hari sehabis digigit nyamuk, di mana gejalanya yaitu demam, sakit kepala dan muntah. Jika tidak segera dirawat, malaria menjadi pembawa musibah dengan cara mengganggu supply darah ke seluruh organ vital. Repotnya lagi di beberapa negara diketahui benalu ini menjadi resisten terhadap beberapa jenis obat-obat malaria.

WHO mencanangkan tanggal 25 April menjadi Hari Malaria Sedunia, sebagai tanda betapa seriusnya penyakit ini terutama di beberapa negara berkembang. Pada tahun 2008 ditemukan 247 juta kasus penyakit malaria dan hampir 1 juta maut terutama pada belum dewasa di Afrika. 20% maut pada bayi di sana disebabkan oleh penyakit ini.

Tindakan pengendalian yang dilakukan bagi penderita yaitu perawatan sesegera mungkin dengan terapi kombinasi artemisin.

9. Diabetes Mellitus

Penyakit ini mengakibatkan maut pada 1,26 juta orang di tahun 2008. Diabetes Mellitus atau biasa dikenal diabetes atau kencing gula yaitu kumpulan penyakit di mana pada sel darah penderita akan mengandung kadar gula yang tinggi. Biasanya disebabkan tubuh yang tidak memproduksi insulin atau sel tidak member respon terhadap insulin yang dihasilkan tubuh. Penderita diabetes akan mengalami tanda-tanda menyerupai sering kencing, sering merasa haus dan lapar.

Ada 3 jenis diabetes yaitu type 1, 2 dan gestational. Type 1 kalau tubuh tidak sanggup memproduksi insulin, type 2 kalau sel-sel di dalam tubuh tidak memberi respon terhadap insulin yang ada (dan sanggup juga ditambah dengan tubuh tidak mempunyai produksi insulin yang memadai), dan gestational yaitu diabetes yang terjadi pada ibu hamil yang sebelumnya tidak mempunyai penyakit ini. Penyakit diabetes type 1 dan 2 yaitu penyakit kronis yang tidak sanggup diobati, sedangkan gestational diabetes biasanya sembuh sehabis proses melahirkan.

Pada tahun 2000, paling sedikit 171 juta orang di dunia menderita diabetes, dan di antaranya yang paling banyak diderita yaitu diabetes type 2.

8. Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis (TBC) yaitu penyakit yang disebabkan oleh basil dalam keluarga Mycobaterium sp. Lingkungan yang gelap, lembab dan kurang ventilasi dikatakan merupakan penyebab gampangnya penyebaran penyakit yang menular ini, dan bersifat menahun (kronis). Di Indonesia penyakit ini menjadi penyebab maut kedua terbesar. WHO menyatakan pada tahun 2008 maut yang diakibatkan penyakit ini sekitar 1,34 juta kasus dan terbanyak terjadi di Asia Tenggara.

Gejala umum dari penyakit ini yaitu batuk-batuk yang bahkan disertai darah lebih dari 3 minggu, demam dan keringat di malam hari (dan pada beberapa kasus sanggup hilang dan muncul menyerupai penyakit flu biasa), turunnya nafsu makan dan berat tubuh dan praktis lelah.

TBC umumnya menyerang paru-paru, tetapi sebetulnya basil tadi sanggup menyerang organ tubuh manapun.seperti otak dan tulang.

7. Trachea/Bronchus/Lung Cancers

Trachea/bronchus/lung cancer yaitu pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di paru-paru. JIka tidak dirawat, pertumbuhan sanggup menyebar ke jaringan sekitar dan bahkan ke seluruh potongan tubuh. Istilah medisnya metastasis. Menurut data, kanker paru-paru merupakan penyebab maut terbanyak yang diakibatkan oleh kanker, dan diperkirakan telah mengakibatkan 1,39 juta maut per tahun (berdasar data tahun 2008) atau 2,4% dari tingkat maut di tahun yang sama. Gejala yang tampak yaitu nafas yang pendek atau sesak nafas, batuk-batuk (bahkan batuk darah), rasa sakit di dada dan bahu, dan turunya berat tubuh secara drastis.

Faktor utama yang diketahui menjadi penyebabnya yaitu merokok, dengan persentase 9 dari Sepuluh kasus. Penyebab lainnya yaitu terpapar bahan-bahan bersifat karsinogenik menyerupai asbestos dan radiasi. Perawatan kanker paru-paru yang dilakukan ketika ini yaitu melalui kemoterapi, radioterapi dan pembedahan.

6. HIV/AIDS

Orang banyak nergidik kalau mendengar mengenai penyakit ini, lantaran memang hingga ketika ini belum ada perawatan yang efektif sanggup menyembuhkan para penderita AIDS.

AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (human immunodeficiency virus). AIDS sendiri tidaklah mematikan, tetapi sifatnya yang mereduksi efektifitas sistem immunitas tubuh insan menjadikannya berbahaya apabila sang penderita terinfeksi penyakit lain.

Penyakit ini pada tahun 2009 telah mengakibatkan sekitar 1,8 juta maut dan 33,3 juta orang sebagai pengidap virus HIV ini, dan 2,6 juta penderita baru. Pengobatan yang efektif terhadap penyakit ini belum ditemukan, perawatan yang diberikan ketika ini yaitu dengan perlakuan antiretroviral, tetapi harganya masih sangat mahal dan belum tersedia di semua Negara.

5. Diare

Penyakit diare tercatat mengakibatkan maut pada 1,5 juta belum dewasa setiap tahun, dan biasanya belum dewasa balita yaitu yang paling rentan terhadap penyakit ini. Bahkan penyakit ini yaitu penyakit nomor dua penyebab maut balita, sehabis pneumonia. Penyakit ini berlangsung berhari-hari hingga akhirnya penderita kekurangan air dan garam yang vital untuk kehidupan.

Penyakit kolera dan disentri termasuk dalam penyakit ini, dan banyak terjadi di tempat yang susah mendapat air higienis dan kurang dalah hal sanitasi.

Penyakit ini biasanya menular melalui air yang tercemar feces. Sebagian besar organisme yang mengakibatkan penyakit ini yaitu rotavirus dan Escherichia coli. Pencegahan sanggup dilakukan dengan memberi ASI pada balita secara pribadi terutama pada 6 bulan pertama, vaksinasi rotavirus, makan masakan yang higienis dan sanitasi. Di tahun 2008, diare mengakibatkan 2,46 juta atau 4,3% tingkat kematian.

4. Penyakit Paru-paru Kronis

Penyakit yang bahasa Inggrisnya Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) yaitu penyakit yang terjadi akhir penyempitan jalan pernafasan. Penyakit ini disebabkan gas atau partikel berbahaya yang mengakibatkan peradangan pada paru-paru, umumnya timbul (lagi-lagi) lantaran merokok.

Pada tahun 1990 penyakit ini menjadi penyakit nomor 6 penyebab maut di seluruh dunia dan diperkirakan menjadi nomor 4 pada tahun 2030. Dua penyakit yang ditimbulkannya yaitu bronchitis kronis dan emphysema.

Untuk tahun 2008 diperkirakan terjadi 3,28 maut yang diakibatkannya atau 5,8% dari jumlah maut di tahun itu.

3. Infeksi Saluran Pernafasan Bawah

Bila anda pernah mendengar di media massa mengenai ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas), penyakit ini jauh lebih berbahaya. Ada 2 jenis penyakit yang disebabkan bisul ini yaitu bronchitis dan pneumonia. Penyakit ini timbul akhir bisul beberapa jenis bakteri. Gejala yang ditimbulkannya yaitu demam, bisul sinus, muntah, rasa terbakar di mata atau mata berair, susah bernafas lantaran penyumbatan hidung, sesak nafas, dan tenggorokan gatal.

Pada tahun 2008, penyakit ini telah mengakibatkan 3,46 juta maut atau sekitar 6,1% dari seluruh jumlah maut di tahun itu.

2. Cerebrovascular Disease (CVD)

CVD yaitu kelompok disfungsi otak yang terkait dengan penyakit pada pembuluh darah ke arah otak. Salah satu pola yang paling umum yaitu stroke. Penyakit ini disebabkan oleh hipertensi, obesitas, merokok dan diabetes.

Pada tahun 2007 penyakit ini merupakan penyakit nomor 3 penyebab maut di Amerika Serikat, sedangkan di seluruh dunia diperkirakan mengakibatkan maut 6,15 juta per tahun atau Sepuluh,8% dari total maut di seluruh dunia.

1. Ischemic Heart Disease (IHD)

Penyakit ini duduk di peringkat teratas sebagai penyebab maut untuk tahun 2008 yaitu 7,25 juta maut per tahun atau 12,8% dari seluruh total orang yang meninggal di seluruh dunia. Penyakit ini banyak menyerang di negara-negara berpendapatan menengah ke atas dan jarang sekali terjadi di negara miskin. Karakteristik penyakit Jantung IHD yaitu otot jantung yang kurang dalam mensupplai darah.

Jika kita baca dari artikel di atas dari ke-Sepuluh penyakit yang mematikan ini 3 di antaranya disebabkan oleh merokok. Makara akibat merokok bagi kesehatan sudah tahu kan? Pingin tahu Sepuluh tips dan cara berhenti merokok? Ikuti artikel saya selanjutnya. Jika anda butuh bacaan mengenai teknik berhenti merokok, baca buku The Easy Way to Stop Smoking: Join the Millions Who Have Become Non-smokers Using Allen Carr's Easy Way Method ini atau sanggup juga beli Boiron - Quit Smoking Carekit, 1 kit untuk sedikit pertolongan dalam proses berhenti merokok. Tapi yang penting niat lo.

No comments:

Post a Comment